tokogamisonline.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Kelebihan dan Kekurangan Gamis Satin

Gamis merupakan salah satu busana muslim yang sedang trend saat ini. Bagi kaum muslimah, gamis sangatlah cocok dipadukan dengan hijab atau selendang bersama aksesoris busana muslim lainnya. Pakaian ini dapat memberi kesan santun, sopan, dan soleh bagi penggunanya.Tak sedikit yang merasa dirinya jauh lebih baik dan anggun dengan mengenakan gamis. Gamis memang memberikan kenyamanan.Salah satu faktor yang berpengaruh pada kenyamanan adalah dari bahan yang digunakan.Bahan yang digunakan salah satunya adalah gamis satin yang terbuat dari kain satin.
Banyak bahan kain yang dapat dipergunakan untuk membuat gamis seperti kain katun, sutra, satin, dan lain-lain.Setiap bahan kain mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.Kain katun sering digunakan karena kemampuannya dalam menyerap keringat sangat baik.Kain katun untuk gamis katun juga relatif terjangkau dan mudah untuk dicuci.Namun jenis kain ini juga rentan terhadap jamur.Sedangkan kain sutra mempunyai tekstur yang sangat baik, namun bahan sutra sangat rentan terhadap panas sehingga gamis sutra tidak baik dijemur terlalu lama di bawah terik matahari.Bagaimana dengan gamis satin?
Gamis satin terbuat dari kain satin tentunya.Kain satin mempunyai kemiripan dengan kain sutra sehingga sering disebut sintesis kain sutra.Bedanya terletak pada serat yang digunakan.Serat di kain sutra berasal secara alami dari ulat sutra, sedangkan kain satin berasal dari serat buatan seperti polyester.Kain satin dicirikan dengan kainnya yang berkilauan dan mengkilap serta agak licin di permukaan bahan.Kain satin juga mempunyai tekstur halus dan lembut sehingga nyaman saat disentuh.Karena mengkilap maka kain satin dapat memberikan kesan mewah sehingga kain ini sering dipergunakan untuk baju pesta, gaun, atau baju untuk acara formal lainnya.Selain itu, kain satin juga terkenal ringan sehingga sesuai untuk menjahit baju yang longgar. Pemakaian kain satin sebagai bahan dasar gamis akan menghasilkan gamis yang terkesan anggun dan elegan. Gamis satin cocok dikenakan pada kegiatan-kegiatan formal atau pesta.
Gamis satin memang terkesan anggun dan elegan, namun bahan satin yang digunakan juga mempunyai beberapa kelemahan.Kain satin sangat licin di permukaan. Ini akan mempersulit saat penjahitan. Karenanya saat penjahitan harus lebih cermat dan hati-hati.Saat mencuci pakaian juga harus berhati-hati. Jangan mencuci gamis satin dengan mesin cuci karena akan merusak teksturnya yang lembut. Begitu pula saat menyetrika.Jangan terlalu lama menyetrika serta pelan pelan agar tidak merusak teksturnya.
Untuk perawatan gamis satin memang perlu kehati-hatian agar kain tidak mudah rusak.Mungkin karena terlalu mahal dan mewah, perawatan gamis atau baju berbahan kain satin membutuhkan perhatian tersendiri.Seperti disebutkan di atas, saat mencuci atau menyetrika harus ekstra hati-hati. Ketika mencuci, gunakanlah deterjen khusus untuk kain lembut dan air dingin. Kucek secara perlahan beberapa kali, lalu segera jemur kain tanpa diperas terlebih dahulu. Jika tidak berhati-hati dalam mencuci, maka tekstur kain satin akan rusak sehingga membuat pakaian tidak awet dan tidak nyaman saat dikenakan.

Gamis satin memang sangat pas dikenakan saat bertamu dalam pesta atau acara resmi.Namun di balik keanggunannya, gamis satin membutuhkan perawatan ekstra.Oleh karena itu bagi kaum muslimah penggemar gamis yang anggun dan elegan, sebaiknya memperhatikan maintenance gamis satin.Perawatan yang baik mulai dari mencuci hingga penyetrikaan akan membuat pakaian tetap awet dan nyaman saat dikenakan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
2012 Toko Online Jual Baju Gamis Terbaru, Katun, Kaos, Murah, Diskon, Grosir | Blogger Templates for HostGator Coupon Code Sponsors: WooThemes Coupon Code, Rockable Press Discount Code